PENGANTAR ILMU MANAJEMEN - Analisis Perusahaan/Organisasi dengan S.W.O.T

Perencanaan (planning) yang mencakup penetapan tujuan dan standar, penentuan dan prosedur, pembuatan rencana serta ramalan (prediksi) yang diperkirakan akan terjadi. Schermerhorn, Jr (1999) mengatakan perencanaan merupakan proses untuk menentukan tujuan yang akan dicapai serta langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapainya. Lewat perencanaan, seorang manajer mengidentifikasi hasil kerja yang diinginkan serta mengidentifikasi cara-cara mencapainya. 

Analisis Swot adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strenght) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats). Proses pengambilan keputusan strategis selalu berkaitan dengan pengembangan misi, tujuan, strategi, dan kebijakan perusahaan. Dengan demikian perencana strategis (strategic planner) harus menganalisis faktor-faktor strategis perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dalam kondisi saat ini. Hal ini disebut dengan Analisis Situasi. Model yang paling populer untuk analisis situasi adalah Analisis SWOT.



Dalam semester 2 di Ilmu Komunikasi ada mata kuliah Pengantar Ilmu Manajemen, disini gw diberikan tugas oleh dosen untuk menganalisis sebuah perusahaan/organisasi melalui analisis S.W.O.T

Untuk lebih lanjut, silahkan Download makalah PIM yang telah di buat oleh gw, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi tugas anda. :)

Posting Komentar

0 Komentar